Tak Ada Angin, Tak ada Hujan Tahu-tahu Perang


Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kondisi global sedang tidak baik-baik saja seiring dengan perlambatan ekonomi di China, suku bunga yang tinggi di Amerika Serikat (AS), dan tensi geopolitik.

Jokowi pun mengambarkan perang yang terjadi di dunia cenderung terjadi secara tiba-tiba, tanpa tanda-tanda di awal. Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI).

“Perang Ukrania gak ada hujan gak ada angin tahu-tahu perang, Gaza gak ada hujan gak ada angin tahu-tahu perang,” tegas Jokowi. Kepala negara berharap negara-negara yang mau perang diharapkan memberi tahu dahulu.

“Semua negara maunya itu, kalau mau perang memberi tahu dulu jadi kita, siap-siap apa yang bisa disiapkan,” tambah Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ada tiga perang yang tengah terjadi di dunia. Pertama perang Rusia-Ukraina, kedua perang dagang Amerika Serikat (AS)-Tiongkok, dan ketiga ada perang antara Israel-Palestina.

“Ini menyebabkan fragmentasi geopolitik ekonomi dan akibatnya prospek ekonomi global meredup 2024, sebelum bersinar lagi 2025. Ketidakpastian masih tinggi dengan lima karakteristik,” tutur Perry.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


DPR & BI Gelar Rapat Tertutup Bahas Anggaran Tahunan

(haa/haa)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *