Ini 4 Sumber Kekayaan Prajogo Pangestu Jadi Taipan Terkaya RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Prajogo Pangestu resmi didapuk menjadi orang terkaya di Indonesia. Hal ini berkat gurita bisnisnya yang mencatatkan kinerja saham moncer beberapa waktu ke belakang.

Mengutip data orang terkaya di dunia versi Forbes realtime per 15 November, peringkat pertama kini ditempati oleh pemilik Grup Barito Pacific, Prajogo Pangestu. Ia menggeser posisi Low Tuck Kwong, hingga Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (Duo Hartono).

Berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires, kekayaan Prajogo mencapai US$ 38,2 miliar atau mencapai Rp599,5 triliun. Prajogo berada di peringkat 1 daftar orang kaya di RI sekaligus orang paling kaya ke-32 di dunia.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), tercatat sebanyak empat emiten yang dikendalikan Prajogo, yakni holding energi PT Barito Pacific Tbk (BRPT), perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), emiten geotermal, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), dan emiten batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

Berikut merupakan beberapa sumber kekayaan milik Taipan yang lahir pada 13 Mei 1944 tersebut:

1. PT Barito Pacific Timber (BRPT)

Perusahaannya Barito Pacific Timber telah melakukan go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007. Pada tahun 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

2. PT Chandra Asri Petrochemical (TPIA)

Kesuksesan dari perusahaan pertamanya tidak menghentikan langkah Prajogo untuk terus berkembang. Selanjutnya, ia melakukan ekspansi bisnis dengan mendirikan PT Chandra Asri Petrichemical Center dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk.

Pada tahun 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021.

3. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)

Meskipun Petrindo Jaya Kreasi mengalami penurunan harga sebesar 12% dalam lima hari ke belakang, namun saham CUAN sempat mengalami pelanjakan lebih dari 10 kali lipat dalam enam bulan terakhir.

4. PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN)

Prajogo Pangestu menguasai 45,84% saham BREN secara tidak langsung dan merupakan pengendali perusahaan tercatat. BREN sendiri baru melantai di bursa beberapa bulan yang lalu.

Tiga anak Prajogo juga secara tidak langsung menguasai saham BREN melalui Green Era Energi Pte. Ltd (GEE) dengan total kepemilikan 23,61%. GEE sendiri dimiliki oleh tiga anak Prajogo serta Erwin Ciputra yang merupakan Direktur BREN sekaligus Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical (TPIA).

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Jadi Taipan Terkaya ke-4 RI, Ini Alasan Harta Prajogo Melesat

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *