Cerita Jokowi Pesan Kemeja Putih dari Pelajar SMKN 4 Jambi

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menceritakan dirinya memesan satu setel kemeja putih dari para siswi di SMK Negeri 4 Jambi. Jokowi memesan kemeja tersebut pada 16 Mei 2023 dan langsung melakukan pengukuran oleh para siswi di sekolah tersebut. 

“Dua bulan lalu, saya memesan kemeja putih kepada para siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi yang saya dapati sedang melaksanakan praktikum di jurusan tata busana,” cuit Jokowi dalam akun Twitter resminya, Ahad, 30 Juli 2023. 

Jokowi menyebut alasannya memesan kemeja putih dari SMKN 4 Jambi karena tertarik dengan desain yang dibuat para murid tersebut. Ia menyebut memesan satu kemeja itu dan meminta dikirimkan ke Istana Negara, Jakarta Pusat.

Pada 20 Juli 2023, Jokowi kemudian menggunakan kemeja tersebut untuk blusukan ke Bengkulu. Jokowi menyebut kemeja tersebut sangat nyaman dan pas di tubuhnya. 

“Kemeja inilah yang saya pakai, kali ini dalam kunjungan ke Bengkulu. Pas banget di badan saya, enak dipakai, kualitas jahitannya bagus sekali,” kata Jokowi.

 Jokowi Beri Bantuan Kendaraan 

Saat mengunjungi SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah, pada Kamis, 20 Juli 2023, Jokowi memperhatikan kegiatan belajar-mengajar di jurusan teknik sepeda motor (TSM) dan teknik kendaraan ringan (TKR) serta meninjau fasilitas penunjang sekolah kejuruan tersebut. 

“Saya lihat memang kendaraan untuk praktek masih kurang sekali, peralatan bengkel juga sudah kurang sekali,” ujar Jokowi usai melakukan peninjauan, Kamis. 

Jokowi menyebut bakal menambah sejumlah fasilitas di sekolah itu agar para murid dapat melakukan praktik lebih baik lagi. Menurut dia dengan fasilitas yang mumpuni, para siswa dapat melakukan praktik kerja lebih baik lagi sehingga ketika lulus bisa memenuhi kebutuhan industri. 

Iklan

“Saya sudah janji ke Pak Gubernur, Pak Bupati, untuk nanti saya kirim kendaraan baru, juga kendaraan listrik. Mobil saya kirim yang baru, biar yang dipelajari di sekolah sesuai di lapangan,” kata Jokowi. 

Jokowi menyebut saat ini pemerintah telah membuat program link and match antara sekolah dengan industri. Ia menyebut salah satu contoh produk siswa SMK yang bisa masuk ke industri adalah baju yang dikenakannya saat peninjauan. 

“Supaya tahu saja, baju yang saya pakai ini produksi SMK Negeri 4 Jambi. Ini saya pakai, saya pesan dua bulan lalu. Saya pesan, lalu saya pakai,” kata Jokowi sambil memperlihatkan kemeja putihnya tersebut. 

Jokowi berharap para siswa SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah ke depannya dapat membuat mobil atau sepeda motor. Jokowi menyebut pemerintah kini memang tengah mengarahkan agar keterampilan siswa SMK bisa memenuhi kebutuhan industri dan wirausaha. 

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni. 

Pilihan Editor: Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Perbaiki Tembok Stadion di Bengkulu yang Roboh Karena Helikopter Kepresidenan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *