Berburu Aurora ke Islandia, Negara dengan Penduduk Terjarang di Eropa

TEMPO.CO, Jakarta – Islandia adalah negara yang terletak di laut Eropa bagian barat dan sebelah utara Samudera Atlantik. Melansir Britannica, negara ini memiliki perbatasan geologis yang selalu aktif dengan Amerika Utara. Islandia memiliki ibukota bernama Reykjavik, tempat yang dikenal sebagai tanah pertanian pertama di Islandia. Selain itu, Reykjavik juga menjadi kota yang berkembang dalam berbagai aspek. 

Negara ini memiliki warga negara sebanyak 332.529 penduduk dan memiliki luas wilayah sepanjang 103.000 km persegi. Panjang wilayahnya membuat Islandia dikenal sebagai negara di Eropa yang memiliki penduduk terjarang. Walaupun penduduknya tergolong sangat jarang, Islandia termasuk ke dalam pulau terbesar di dunia dengan menduduki peringkat 18. Lalu, negara ini juga menjadi pulau kedua terbesar Eropa setelah Inggris. 

Islandia adalah negara yang menganut sistem demokrasi tertua di dunia. Namun, negara ini mampu berkembang secara modern dalam segala bidang. Walaupun telah hidup di zaman yang serba modern, Islandia tetap melestarikan adat istiadat dan budaya mereka. Contohnya, banyak warga negaranya yang masih percaya kepada troll, elf, fan mitos-mitos masa lalu. 

Jika dilihat melalui aspek geologi, Islandia terkenal memiliki banyak geyser dan geysir. Lalu, negara ini banyak memanfaatkan air terjun dan air sungai sebagai pembangkit listrik tenaga air. Akibatnya, banyak penduduk yang memiliki akses listrik, pemanas, dan air panas dengan harga yang murah. 

3 Hal Unik yang Dapat Dilakukan di Islandia

1. Berkunjung ke Vatnajökull National Park

Vatnajökull National Park termasuk ke dalam satu dari tiga taman nasional yang dimiliki di Islandia. Tempat wisata ini akan memanjakan mata para pengunjung dengan gletser terbesar di Eropa dan area sekitarnya. Ketika berada di tempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai pemandangan gunung, es glasial, sungai, dan aktivitas gotermal. 

Iklan

2. Memburu Aurora

Aurora adalah fenomena alam yang memancarkan cahaya yang menyala di langit malam. Islandia menjadi salah satu tempat untuk melihat aurora. Biasanya, waktu terbaik untuk melihat aurora adalan bulan September dan April. Para turis yang berkunjung ke Islandia biasanya rela menunggu di satu tempat hingga melihat aurora. Mengambil dari Activity Iceland, tempat yang direkomendasi untuk melihat aurora, yaitu Reykjavik, dataran tinggi di Kerlingarfjöll, dan Thingvellir National Park. 

3. Jalan-Jalan di Kota Hafnarfjörður

Hafnarfjörður adalah kota yang terletak di Islandia bagian barat dan memiliki penduduk sebanyak 21.190 jiwa. Kota ini dapat menjadi list kunjungan ketika berada di Islandia. Sebab, Hafnarfjörður sering mengadakan festival musik hingga perayaan Viking. Selain itu, pengunjung juga dapat puas berbelanja di jalan utama kota, Strandgata yang menyediakan toko fashion, buku, dan hadiah. Selain itu, tempat ini juga memiliki restoran dan kafe yang menarik. 

Pilihan Editor: Cerita Wisatawan Traveling ke Islandia Saat Matahari Bersinar Tengah Malam



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *