Analis Menilai Ada Endorsement Jokowi untuk Ridwan Kamil Saat Puji Investasi Jawa Barat

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat mengapresiasi capaian Jawa Barat sebagai provinsi dengan investasi terbaik di Indonesia. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai itu menjadi salah satu bentuk ‘endorsement’ Jokowi untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK.

Apresiasi itu disampaikan Jokowi saat meresmikan operasional Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) Seksi II, Jumat (4/8/2023). RK turut mendampingi Jokowi kala itu.

Saat itu, Jokowi menyebut salah satu pendorong pertumbuhan investasi di Jawa Barat adalah pembangunan jalan tol yang banyak dilakukan di daerah itu.

Mendengar ucapan tersebut, RK yang berdiri mendampingi Jokowi langsung membungkukan badan di hadapan publik.

Baca Juga:Pantas Kesal Setengah Mati, Rocky Gerung Merasa Dibohongi Jokowi dan Kroco? ‘Mereka Gak Lapor Saya…’

Sehari sebelumnya, RK juga mendampingi Jokowi saat menjajal LRT Jabodebek. Tidak hanya itu, di hari yang sama Ridwan Kamil rapat bersama Jokowi di Istana Merdeka.

Agung menyebut, RK merupakan salah satu dari tiga gubernur di Jawa yang punya hubungan dekat dengan Jokowi. Bukan hanya secara politik, dia menilai keduanya juga dekat secara personal.

“Endorsement dari Pak Presiden itu bisa dilihat dari sikap, perilaku, kemudian ucapan dan tindakan-tindakan politik,” tuturnya dikutip Sabtu (5/8/2023).

“Dalam konteks (endorsement untuk) RK misalkan bisa terlihat dari ucapannya,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai meninjau Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai meninjau Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). (Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebagai gubernur, RK merespons ucapan tersebut dengan gestur membungkukan badan. Gestur itu banyak diartikan sebagai simbol penghormatan.

Baca Juga:Picu Kegaduhan usai Diduga Hina Jokowi Lewat Ucapan ‘Bajingan Tolol’, Rocky Gerung: Saya Minta Maaf

Selama bertugas sebagai gubernur, Agung melihat RK sebagai sosok yang mampu menjaga elektabilitas. Mantan wali kota Bandung itu juga disebut mampu membuat masyarakat Jawa Barat merasa puas.

Itu tampak dalam beberapa hasil survei. ”Tingkat kepuasannya juga cukup bagus,” imbuhnya.

Tidak heran, lanjut Agung, persepsi publik terhadap RK tergolong baik. Utamanya persepsi publik di Jawa Barat.

Menurut Agung, ‘endorsement’ Presiden kepada tokoh-tokoh yang punya potensi bertarung dalam pemilu 2024 terbagi atas dua hal. Yakni ‘endorsement’ yang tidak kelihatan oleh publik dan ‘endorsement’ yang diperlihatkan kepada publik.

”Ketika dia (Presiden Jokowi) memposting foto berdua dengan Pak RK, itu kan kode.”

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *