5 Manfaat Wheatgrass atau Rumput Gandum

TEMPO.CO, JakartaWheatgrass atau rumput gandum bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu diet bernutrisi. Dikutip dari WebMD, wheatgrass asupan rendah kalori, tinggi nutrisi antioksidan seperti glutathione, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

Manfaat wheatgrass 

1. Pencernaan

Klorofil merupakan pigmen hijau dalam tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Senyawa ini sebagai detoksifikasi alami membantu mengurangi racun berbahaya dari tubuh. Efek pembersihan ini membantu memperbaiki pencernaan dan mendukung fungsi hati.

2. Energi

Wheatgrass bermanfaat meningkatkan energi. Kandungan vitamin B kompleksnya yang tinggi, seperti B6, B12, dan asam folat mendukung produksi energi tubuh dan pembentukan sel darah merah. “Konsumsi rumput gandum secara teratur memberikan dorongan energi alami. Tambahan (asupan) yang bagus untuk diet,” kata ahli diet Vidhi Chawla, dikutip dari Times of India.

3. Antiperadangan

Vidhi Chawla mengatakan, wheatgrass bersifat antiperadangan yang kuat. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit autoimun dan gangguan metabolisme. “Antioksidan dan fitonutrien dalam rumput gandum membantu meredakan peradangan,” katanya.

Iklan

4. Mengendalikan nafsu makan

Rumput gandum rendah kalori dan tinggi serat. Wheatgrass menunjang pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang yang membantu mengendalikan nafsu makan dan mendukung upaya penurunan berat badan.

5. Nutrisi dalam program diet

“Jus wheatgrass segar pilihan yang populer dan bisa dikonsumsi atau ditambahkan ke smoothie dan jus untuk tambahan nutrisi,” kata Chawla. Bubuk atau suplemen rumput gandum juga pilihan yang nyaman dalam perjalanan atau menambahkan rumput gandum ke rutinitas harian.

Penting dipahami mengonsumsi rumput gandum untuk kebutuhan diet seimbang. Meski menawarkan banyak nutrisi, wheatgrass tidak boleh menggantikan pola makan yang lengkap. Dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memastikan ketepatan porsi mengonsumsi wheatgrass.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Susu Gandum



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *